Alat Musik Tradisional Indonesia dan Asal Daerahnya

Tidak diragukan lagi jika Indonesia punya keanekaragaman budaya yang indah bahkan hingga diakui oleh dunia. Mulai dari Sabang hingga Merauke, setiap daerah masing-masing memiliki budaya masing-masing mulai dari kuliner, kerajinan tangan dan salah satunya adalah musik.

Tentunya musik tidak hadir tanpa alat yang menciptakan musik tersebut. Itu sebabnya, di berbagai daerah terdapat alat musik dengan ciri khas nya masing-masing. 

Nah untuk menambah wawasan, yuk simak beberapa alat musik tradisional dari berbagai daerah di Indonesia berikut ini.

Angklung

alat musik tradisional
Sumber gambar : freepik/Palakorn_Jaiman

Alat musik tradisional yang terbuat dari bambu ini sudah terkenal hingga ke kancah dunia. Angklung yang merupakan alat musik tradisional berasal dari daerah Jawa Barat, berkembang diantara masyarakat Sunda. 

Alat musik yang terdiri dari beberapa susunan bambu, disusun sedemikian rupa sehingga saat dimainkan menghasilkan suara khas yang indah jika digabungkan.

Gamelan

alat musik tradisional
Sumber gambar : freepik/reezky11

Merupakan salah satu musik ansambel yang kental dengan adat Jawa dan sekitarnya dan memang banyak digunakan pada acara atau pagelaran. Alat musik tradisional yang terdiri dari beberapa instrumen alat musik yang ketika dipadukan menghasilkan harmoni suara yang indah.

Kolintang

Kolintang adalah salah satu alat musik tradisional masyarakat Minahasa di Sulawesi Utara. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul dan alat musik ini terbuat dari kayu. Umumnya alat musik ini digunakan, sebagai pengiring dalam upacara adat, pertunjukan tari, dan lainnya.

Sasando

Alat musik berdawai yang berasal dari pulau Rote yang berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara dipetik, itu sebabnya Sasando hampir mirip dengan alat musik lain seperti harpa ataupun kecapi.

Tifa

Tifa ini merupakan alat musik yang berasal dari tanah Papua sobat. Alat musik yang hampir mirip wujudnya dengan kendang ini, dibuat dengan membrane dari kulit binatang dan dihiasi dengan motif-motif yang melambangkan standing sosial. Alat musik ini dianggap sakral karena berkaitan dengan adanya upacara adat atau berhubungan dengan leluhur.

Nah sobat itu dia beberapa alat musik yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Pastinya tujuan mengetahui jenis-jenis alat musik ini, bukan hanya semata-mata menambah wawasan. Tapi juga menyadarkan kita bahwa keberagaman budaya di Indonesia sangat kaya salah satunya melalui alat musik.

Ajarkan juga anak-anak Sobat supaya lebih mengerti dan mencintai alat-alat musik tradisional Indonesia. Tidak perlu mengajarkan melalui pertunjukan langsung, Sobat dapat mengenalkannya melalui media on-line seperti youtube dan lainnya. Namun, sebelum itu pastikan tagihan listrik dan web di rumah aman. Jika belum, segera bayar tagihan di Klik Indomaret karena ada promo banjir poin loh.

alat musik tradisional
Periode promo hingga 30 Sept 2022
Bayar Tagihan Listrik dan Web di sini

cempaka.id

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.