HUT Jakarta 495, Yuk Kenalan dengan Maskot Jakarta


Halo warga Jakarta! Kalian pada tahu nggak sih tepat pada 22 Juni 2022 hari ini, hajatannya Ibu Kota Jakarta kita Tercinta nih. Hari yang spesial karena DKI Jakarta resmi berulang tahun yang ke-495 tahun lho sobat.

Tentu hajatan yang satu ini, dinantikan oleh seluruh warga DKI Jakarta yang turut berbahagia atas bertambahnya usia Ibukota tercinta.

Selain memperingati ulang tahunnya, tentu tidak seru rasanya kalau kita tidak tahu sejarah mengenai kota Jakarta sobat.

Maskot Kota Jakarta

Salah satunya adalah maskot kota Jakarta, nah kalau kamu mengira selama ini maskot kota Jakarta itu Monas (Monumen Nasional) Kamu perlu simak penjelasannya di bawah ini.

Dikutip dari laman rmoldkijakarta.identification siapa sangka ternyata maskot kota Jakarta yang sesungguhnya adalah Salak Condet dan Elang Bondol lho sobat. 

hut jakarta
Sumber gambar : freepik/tigerstock

Hal ini dapat dilihat dari keputusan Gubernur nomor 1796 tahun 1989 tentang penetapan Salak Condet tentang penetapan Salak Condet dan Burung Elang Bondol sebagai identitas atau maskot DKI Jakarta yang diteken oleh Gubernur Wiyogo Atmodarminto.

Kenapa kedua ikon tersebut dijadikan maskot? Tujuannya adalah agar masyarakat mengenal dan melestarikan vegetation dan fauna tersebut, keberadaannya yang langka lah yang mendasari Pemprov DKI mengesahkan hal tersebut.

Tidak hanya itu Salak Condet dan Burung Elang Bondol dianggap dapat memaknai simbol warga Jakarta, seperti yang tertuang pada keputusan Gubernur nomor 1796 tahun 1989 yang tertulis “Perilaku ini dapat dijadikan simbol untuk warga Jakarta yang selalu dinamis, tangkas, dan cepat dalam bertindak”.

Wah sekarang kamu jadi tahu kan seputar maskot kota Jakarta dan sejarah dibaliknya. Jika ingin tahu lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi perpustakaan di kota Jakarta atau buku-buku mengenai sejarah yang berkaitan.

Tidak lupa mari kita ucapkan dan panjatkan doa atas Hari Ulang Tahun Jakarta Ke-495 yang jatuh pada hari ini. Semoga kota Jakarta dapat terus berkembang, bersinar, dan lebih baik tahun ke tahun yang akan datang.

Yuk coba bagikan di kolom komentar cara kalian memaknai dan merayakan Hari Ulang Tahun DKI Jakarta di tahun ini.

hut jakarta
Periode promo 22 Juni 2022

Belanja Kebutuhan Sehari-hari di Klik Indomaret



cempaka.id

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.