Mengenal Natto, Makanan Tradisional Jepang

Belakangan ini Natto atau makanan fermentasi yang rutin dikonsumsi masyarakat Jepang sedang viral di media sosial. Makanan yang menurut sebagian orang punya rasa yang cukup unik ini, ternyata memiliki banyak fakta menarik khususnya bagi kesehatan kita.

Natto merupakan makanan khas Jepang yang memiliki tekstur lengket ketika sudah dicampur dengan bahan campuran lainnya. Natto adalah kedelai yang difermentasi sehingga memiliki tekstur yang sedemikian rupa.

Umumnya makanan ini biasa disajikan dengan tambahan kecap, mustard, daun bawang atau bumbu lainnya dan dimakan bersama dengan nasi hangat. Meski tampilannya tampak sedikit unik dan berlendir, natto sendiri dipercaya punya banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Misalnya saja dikutip dari japanlivingguide.internet secara alami natto memiliki kandungan protein yang tinggi, kalsium dan juga zat besi. Tidak hanya itu, natto juga bersifat gluten loose lho sobat. Seperti dijabarkan sebelumnya, masyarakat Jepang punya cara tersendiri dalam menyantap natto yang bisa kamu ikuti caranya. 

Contoh yang paling biasa adalah memakan natto bersama dengan nasi hangat, selain itu untuk mengurangi rasa kuat dan bau pada natto bisa disiasati dengan berbagai bahan yang bisa kamu ikuti dan banyak dicontohkan di web.

Kamu juga bisa mencampurkan natto ke dalam miso soup, natto miso soup ini umumnya dibuat dengan dashi (bahan dasar sup Jepang) yang membuat rasa dari natto menjadi lebih seimbang dan masih bisa untuk diterima untuk lidah.

Lalu dimana kamu bisa membeli natto? Di Jepang sendiri, natto dapat ditemukan di grocery store ataupun minimarket dan sama seperti di Jepang. Di Indonesia umumnya kamu bisa membeli natto, di grocery store yang menjual barang-barang import seperti produk makanan Jepang.

Tambahan lagi untuk kamu yang baru pertama kali makan natto, pastikan kondisi dan keadaan perut memungkinkan untuk mencoba makanan yang satu ini. Tidak lupa, pastikan kamu tidak memiliki alergi pada bahan makanan ini.

Bagaimana? Tertarik mencoba sensasi unik rasa natto? Atau dari antara kalian ada yang sudah pernah coba, bisa bagikan pengalaman kamu di kolom komentar sobat.

cempaka.id

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.