6 Contoh Sinopsis Novel Jawa Paling Populer di Indonesia

Sinopsis Novel Jawa
Sinopsis Novel Jawa

Cempaka.id – Sinopsis novel jawa merupakan sebuah rangkuman atau cerita singkat dalam sebuah novel.

Namun sebelum masuk kepada contoh sinopsis novel bahasa jawa. Kalian tentunya harus tau apa itu novel.

Dikutip dari berbagai sumber novel adalah salah satu jenis karya sastra yang berbentuk prosa. Kisah di dalam novel merupakan hasil karya imajinasi yang membahas tentang permasalahan kehidupan seseorang atau berbagai tokoh.

Contoh sinopsis novel jawa dibawah ini bisa digunakan sebagai acuan dalam membuat novel bahasa jawa.

Karya sastra memiliki nilai-nilai penting yang dapat diterapkan untuk kehidupan sehari-hari, salah satunya yaitu novel berbahasa jawa.

Memahami dan menganalisis novel ini diperlukan baik untuk kepentingan tugas maupun untuk suatu penelitian dan kepentingan yang lainnya.

Sulitnya memahami novel bahasa jawa, terlebih lagi untuk mahasiswa dengan jurusan Sastra Jawa, yang bukan asli berasal dari jawa akan menjadi beban tersendiri, mereka dituntut untuk memiliki ketrampilan dalam memahami suatu karya berbahasa jawa seperti novel.

Berikut 6 contoh sinopsis novel jawa yang bisa dijadikan referensi diantaranya.

Para Priyayi karya Umar Kayam

Contoh sinopsis novel jawa yang pertama adalah para priyayi karya umar kayam. Novel tersebut menceritakan tentang sebuah kota kecil yang gersang dan panas, kota itu bernama Wanagalih, ditengah wanagalih terdapat sebuah jalan, jalan setenan namanya.

Sinopsis Novel Jawa

Tempat lahirnya para priyayi-priyayi (orang terpandang) salah satunya bernama Lantip, didalam novel berbahasa jawa ini dominan menceritakan tentang kisah hidup Lantip.

Anteping Tekad karya A.G. Suharti

Novel yang selanjutnya menceritakan tentang kesetiaan seorang perempuan terhadap laki-laki yang dicintai.

Sinopsis Novel Jawa

Tokoh perempuan yang tangguh, mandiri, setia dan berani mengambil keputusan, merupakan sebuah novel yang berkisah tentang emansipasi wanita.

Kadurakan Ing Kidul Dringu karya Suparto Brata

Novel yang menceritakan tentang pemuda dan keadaan di kota Probolinggo yang kisruh. Para pemuda melalukan serangan dengan menyebrang jalan Daendles hingga mengakibatkan salah satu pemuda terluka karena peluru saat melawan serangan dari Belanda.

Sinopsis Novel Jawa

Tidak sampai disitu meninggalnya salah satu pemuda karena tertembak peluru mengakibatkan pemuda yang lainnya melakukan bunuh diri.

Sinopsis novel jawa Sang Pangeran Pati karya Fitri Gunawan

Contoh sinopsis novel jawa yang pertama adalah sang pangeran pati.

Sinopsis Novel Jawa

Sebuah novel yang menceritakan tentang lika-liku dunia jurnalistik yang ditambah dengan kisah cinta tokoh yang bernama Suryo Baskoro yang berprofesi sebagai wakil ketua redaksi.

Kisah Tanah Jawa karya Bonavatura D. Genta, Mada Zidan, Hari Kurniawan

Merupakan novel jawa dengan cerita sedikit horror.

Sinopsis Novel Jawa

Pada beberapa bab menceritakan tentang peristiwa masa lalu, selain itu didalam buku ini terangkum cerita tentang pesugihan yang sesat.

Rara Mendhut karya Y.B. Mangun Wijaya

Contoh sinopsis novel jawa yang pertama adalah rara mendut. Novel yang terakhir berjudul “Rara Mendhut” yang menceritakan tentang kisah cinta klasik jawa. Rara mendhut adalah wanita yang diincar oleh seorang pria karena menginginkan kekuasaan, namun Rara Mendhut lebih memilih untuk melarikan diri bersama pria yang dicintainnya.

Sinopsis Novel Jawa

Itulah contoh sinopsis novel bahasa jawa yang bisa jadikan referensi untuk tugasmu atau untuk melakukan penelitian sebuah karya ya, ataupun menjadi daftar buku yang akan kamu beli, semoga membantu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.