Spesial Bobor Daun Kelor dan Tempe Garit Majidi Kota Bantul

Dok/Agung PW

Kuliner, travelnesia.id – Wisata mulai menggeliat ditengah suasana pandemi bahkan dalam beberapa waktu terakhir cukup ramai.

Tak hanya wisata lokasi seperti pantai atau pegunungan saja, namun wisata kuliner yang tak kalah menarik. Salah satunya, bobor daun kelor yang segar dengan sambal matah serta lauk tempe goreng garit khas Jogja.

Read More

Di mana tempatnya? Tidak jauh dari Kota Jogjakarta dan Kota Bantul. Tepatnya di Jalan Mrisi, beberapa kilometer dari kampus Institut Seni Indonesia (ISI). Adapun pemiliknya, Majidi, tidak memajang nama warung khasnya. Ia hanya memasang tulisan ”Bobor Kelor” besar di depan warung sederhananya yang sejuk dan nyaman.

Ia merupakan pelopor masakan daun kelor di wilayah tersebut. Setelah dirinya mendirikan warung dengan menu khas kelor, bermunculanlah masakan sejenis. Namun, beda tangan beda rasa, begitu kata orang dan masakan bobor kelor keluar Majidi tetap nomor satu.

”Daun kelor dalam berbagai tulisan menyebutkan banyak mengandung mineral bemanfaat. Yang jelas, bobor kelor ngangeni apalagi lauknya tempe garit, ikan nilai, telur dadar, tahu sutra dan lainnya,” tutur Majidi.

Tanam Sendiri

Kelor yang dalam bahasa ilmiahnya Moringa oliefera dapat tumbuh di mana saja, di pekarangan rumah, kebun bahkan pinggir jalan. Dulu, nyaris tak ada yang memanfaatkannya kecuali untuk keperluan mistis misal mengusir setan. Konon demikian.

Namun di tangan Majidi dan istrinya, kelor menjadi sayur yang lezat, menyegarkan dan membuat tubuh bersemangat. Bobor kelor merupakan menu seperti sayur sop atau sayur bening, tanpa santan. Mereka selalu menyajikan dalam kondisi baru masak sehingga terasa kesegarannya.

”Kami menanam pohon kelor di sini, tidak perlu membeli di pasar. Begitu ada tamu, kami langsung petik di kebun. Benar-benar fresh sehingga masakan juga terasa segar,” ujar Majidi.

Pelatih sepak bola anak-anak itu menceritakan awal mula memanfaatkan kelor. Awalnya, anaknya yang suka olah raga jatuh sakit. Ia mendengar daun kelor dapat mempercepat proses penyembuhan. Ternyata benar, setelah mengkonsumsi kelor, anaknya sembuh dan terlihat lebih segar sehingga mulailah ia berpikir untuk membuka warung yang khusus menyediakan menu kelor.

Pedas

Bagi yang suka sambal pedas, sambal matah menjadi teman bobor kelor. Secuil sambal matah sudah membuat bobor kelor terasa hangat di badan. Belum lagi tempe goreng garit atau ikan nila yang renyah dan gurih. Tak ada yang bisa menolak kelezatannya.

Namun….sabar dulu. Sebelum menikmati sayur kelor, sruput dulu teh jahe atau teh sereh gula batu ramuan Majidi. Ingin mencoba? Tinggal klik, tapi jangan salah tempat supaya tidak kecewa. Selamat berakhir pekan di Jogja dan nikmati bobor kelor sambal matah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.